Troubleshooting Sederhana ADSL
Secara
sederhana ada beberapa trik yang mungkin akan sangat membantu proses instalasi
& operasi ADSL.
- Pada
kabel telepon yang akan dihubungkan ke modem ADSL,
pastikan splitter telah terpasang.
- Pasang
pesawat telepon pada kabel telepon untuk ADSL,
dengarkan – apakah ada nada dial? Jika tidak ada nada dial berarti kabel
bermasalah. Pastikan juga bahwa nada yang di dengar cukup jernih, berarti
sambungan cukup baik.
- Lepaskan
pesawat telepon, pasang modem ADSL ke
kabel telepon. Sambungkan kabel LAN ke computer. Masukan power supply modem ADSL ke PLN.
- Set IP address computer agar satu keluarga dengan modem ADSL,
biasanya keluarga 192.168.1.x atau 10.0.0.x.
- Ping modem ADSL dari computer. Beberapa IP address default modem ADSL adalah
192.168.1.1, 192.168.2.1, 10.0.0.2.
- Jika modem ADSL
mempunyai CD instalasi, jalankan CD & konfigurasi menggunakan CD akan
jauh lebih mudah daripada melalui Web.
- Cek
status modem ADSL -
apakah tersambung dengan baik atau tidak.
Yang biasakan akan seru adalah pada saat cek status sambungan ADSL, kita perlu
mencek permasalahannya dimana umumnya halaman status pada konfigurasi modem
ADSL dapat memberikan banyak informasi yang berguna untuk troubleshooting.
Logika permasalahan sebetulnya sederhana
- Tidak
ada dial tone – berarti kabel telepon bermasalah.
- Pada
halaman status, ADSL tidak
berhasil sinkronisasi dengan Telkom, ada beberapa kemungkinan
- Kabel
telepon kurang baik, bisa di cek dengan memasang pesawat telepon dan
mendengarkan apakah suara sambungan “krosok-krosok”.
- Modem ADSL yang
digunakan tidak baik, pengalaman saya menunjukan dalam banyak hal modem ADSL yang
digunakan tidak tahan dengan kondisi jaringan telepon di Indonesia.
- DSLAM di sentral Telkom yang tidak baik / sedang
bermasalah.
- Pada
halaman status, ADSL tidak
berhasil memperoleh IP address, ada beberapa kemungkinan masalah,
- Pada
halaman status, ADSL tidak
berhasil login / authentikasi ke ISP,
berarti username / password yang kita gunakan salah.
Dengan mengetahui kondisi status, kita dapat complain / menentukan permasalahan
ke tempat yang benar. Tidak semua masalah berasal dari Telkom. Pengalaman saya
menunjukan bahwa sering kali masalah justru datang dari modem ADSL yang kurang
baik. Anda dapat melakukan Tips yang direkomendasikan dari Telkom
Tips dari 147 Telkom
Halo Pelanggan Speedy yang kami hormati,
Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tips untuk anda
apabila mengalami gangguan Speedy. Tips ini akan membantu anda mencari penyebab
gangguan yang paling umum terjadi, dan pada sebagian besar kasus akan bisa
diketahui masalahnya tanpa harus menelepon ke 147.
Tips Cek Sendiri Gangguan SPEEDY Cek Modem ??? Apakah
lampu POWER modem menyala? Langkah ini diperlukan untuk mengetahui apakah modem
dalam keadaan hidup atau tidak. Apabila lampu POWER modem mati sementara
listrik ke modem sudah tersambung, artinya modem dalam keadaan rusak. Silahkan
hubungi 147 untuk mendapatkan penggantian (apabila masih dalam masa
garansi). ???
Apakah lampu LAN menyala? Cek lampu LAN untuk memastikan
koneksi modem ke PC atau laptop OK. Apabila lampu LAN mati, koneksi antara
modem dan PC kurang baik. Cobalah memeriksa apakah ada kabel terputus atau
konektor yang longgar. ???
Apakah lampu DSL menyala? Tujuan dari langkah ini adalah untuk
memastikan status modem apakah sudah sinkron dengan sentral. Apakah lampu DSL
menyala tetap atau mati/berkedip? Bila menyala tetap artinya modem sudah
sinkron dengan Sentral. Silahkan lanjutkan ke cek lampu INTERNET. Bila lampu
DSL mati/berkedip, artinya modem tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan
sentral. Cobalah mencabut kabel telepon dari splitter dan menyambungkannya
langsung ke modem. Apabila setelah itu lampu DSL menyala tetap, artinya
splitter anda rusak. Gantilah splitter dengan yang baru. Splitter biasanya bisa
didapat di toko computer atau toko listrik yang menjual modem ADSL. Apabila
setelah disambung langsung ke modem lampu DSL tetap mati/berkedip, mohon agar
dapat dilaporkan ke 147, karena petugas di sentral harus melakukan reset kepada
saluran Anda.
Apabila lampu DSL mati/ berkedip, Cek juga nada panggil
telepon, apakah ada dial tone, bila tidak ada, maka ada masalah di jaringan,
mhn agar dilaporkan ke 147. ???
Apakah lampu INTERNET menyala? Cek lampu internet ini gunanya
untuk memastikan bahwa koneksi ke internet sudah OK/tersambung. Restart Modem
Apabila lampu internet sudah menyala tetapi gangguan internet masih terjadi,
cobalah untuk melakukan restart modem dengan cara menekan tombol on/off, atau
reset atau mematikan dan menghidupkan kembali modem DSL anda. Banyak kasus
dimana setelah dilakukan restart koneksi internet kembali berjalan dengan baik.
Kalau belum bisa juga. Mohon maaf bila demikian, mohon anda bisa menelepon 147,
petugas kami akan membantu anda.
Terima kasih. Customer Care Unit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar